RANCANGAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : IPS (Ilmu
Pengetahuan Sosial)
Kelas/Semester : IV/ 2
Alokasi
waktu :
Standar Kompetensi :2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan
ekonomi, dan kemajuan teknologi dilingkungan Kabupaten/ Kota dan Provinsi
Kompetensi dasar :2.3 mengenal permasalahan social
didaerahnya
Indiator : - menyebutkan macam-macam masalah social
yang terjadi di masrakat
-
mengidentifikasi masalah social yang terjadi di masarakat
I.
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah
mendengarkan penjelasan guru tentang masalah-masalah sosial, siswa dapat
menyebutkan macam-macam masalah sosial yang terjadi di masarakat
2. Melalui
diskusi kelompok tentang masalah kebakaran,kekerasan seksual,rusaknya
infrastruktur jalan, dan pasir ilegal, siswa dapat memecahkan masalah tersebut
bersama kelompoknya
II.
Materi ajar
Permalalahan social di masyrakat
A. Pengertian
masalah social
Masalah social
adalah masalah yang sering dihadapi oleh semua warga masyrakat dan dampaknya
dialami oleh masyrakat.
B. Mengenal
masalah social di lngkungan setempat
1. Masalah-
masalah kependudukan
2. Tindak
kejahatan
3. Masalah
sampah
4. Pencemaran
lingkungan
5. Kebakaran
III.
Metode pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya
jawab
3. Diskusi
IV.
Media dan sumber
belajar
1. Media : gambar-gambar masalah social di koran
2. Sumber:
-BSNP.2006.KTSP
SD/MI.DEKDIKBUD.JAKARTA
Hisnu, Tantia
dan Winardi.2008.Ilmu Pengetahuan Sosial
untuk SD/MI kelas 4. Pusat perbukuan depertemen pendidikan nasional.jakarta
V.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
awal
-
Salam
-
Doa
-
Absen
-
Informasi tujuan
pembelajaran
2 .
Kegiatan inti
-
Siwa mendengarkan
penjelasan guru tentang masalah sosial
-
Siswa menyebutkan
masalah sosial yang sering terjadi di masyrakat
-
siswa diminta membentuk
kelompok
-
siswa dibagikan
gambar-gambar masalah social yang terjadi dimasyrakat kepada setiap kelompok.
-
siswa mendiskusikan
masalah social dengan pedoman daftar pertanyaan
-
Siswa bersama
kelompoknya mendiskusikan tentang masalah social berdasarkan gambar yang telah
dibagikan .
-
Setelah selesai diskusi
perwakilan setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas dan
kelompok lain memberi komentar.
2. Kegiatan
akhir
-
Siswa menyimpulkan
materi
-
Guru memberikan
evaluasi
-
Salam penutup
VI.
Evaluasi
Prosedur
tes : proses dan hasil
Jenis
penilaian : tes tertulis
Bentuk : essay
1.
Penilaian proses
Lembar evaluasi penilaian proses
No
|
nama
siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
|||
keaktifan
|
kesungguhan
|
kerjasama
|
ketelitian
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket:
nilai A: baik sekali (80-100)
B: baik (71-80)
C: cukup (61-70)
D: kurang (- 60)
2.
Penilaian
hasil
Jawabl;ah
pertanyaan dibawah ini :
1)
Apa
yang dimaksud dengan masal social?
2)
Sebutkan
4 masalah-masah social yang kamu
ketahui!
Kunci
jawaban
1)
Masalah
social adalah masalah yang sering dihadapi oleh semua warga masyrakat dan
dampaknya dialami oleh masyrakat.
2)
- penganguran
-
Pembunuhan
-
Sampah
-
kebakaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar